twitter
rss

Rumah Pintar Al-Barokah atau Rumpin Al-Barokah merupakan suatu sentra belajar yang digagas oleh Ibu Een Sukaesih di dusun Batukarut, desa Cibeureum Wetan, kecamatan Cimalaka, kabupaten Sumedang. Melalui kerjasama yang dibangun dengan Program Studi Pendidikan Luar Sekolah FIP-UPI serta Yayasan Swandragogia, Rumpin Al-Barokah tidak hanya berkutat pada sentra belajar tetapi juga menjadi pusat bagi beberapa kegiatan lain yang terbagi atas tujuh sentra. Tujuh sentra yang kini menjadi kegiatan di Rumpin Al-Barokah yaitu sentra bermain, sentra bimbel, sentra buku, sentra kriya, sentra komputer, sentra panggung, dan sentra pengembangan mutu.
Sentra bermain merupakan sarana peyediaan dan pelayanan permainan edukatif bagi tumbh kembang anak di sekitar Rumpin Al-Barokah. Sentra Bermain mengedepankan pembelajaran kepada anak melalui kegiatan bermain yang dapat dengan mudah diterima oleh anak. Melalui sentra bermain anak dapat dengan bebas menggali potensi yang ia miliki agar mampu mengembangkannya.
Sentra bimbel adalah salah satu sentra yang bergerak untuk membimbing anak-anak usia sekolah di sekitar Rumpin Al-Barokah dalam segi akademik. Kegiatan bimbel yang dilakukan menggunakan sistem jemput bola, yang artinya pengelola rumpin ataupun pengajar bimbel secara aktif mengunjungi peserta bimbel di setiap dusun. Kegiatan bimbel yang dlakukan ditujukan bagi seluruh tingkatan peserta, yaitu dari anak-anak usia taman kanak-kanak hingga anak-anak usia sekolah menengah atas.
Sentra buku merupakan perpustakaan yang terdapat pada Rumpin Al-Barokah. Sentra buku berisikan literatur atau bahan bacaan yang diperuntukkan bagi seluruh kalangan di sekitar Rumah Pintar. Jumlah koleksi yang tersedia pada sentra buku Rumpin Al-Barokah kurang lebih 1.500 eksemplar terhitung pada Agustus 2017. Pengelompokkan koleksi pada sentra buku Rumpin Al-Barokah menggunakan sistem klasifikasi Dewey Decimal Classification yang dapat memudahkan pengguna dalam mencari koleksi yang dibutuhkan. Koleksi yang disediakan oleh Rumpin Al-Barokah terdiri atas koleksi anak-anak, koleksi remaja, koleksi hiburan, buku pelajaran, hingga buku panduan dalam membuat suatu kriya.
Sentra kriya merupakan salah satu sentra pada Rumpin Al-Barokah yang bergerak dalam bidang pembuatan karya. Karya yang dibuat tidak hanya bernilai seni, tetapi juga bernilai jual untuk membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian. Telah banyak produk yang dihasilkan dari sentra kriya Rumpin Al-Barokah yaitu berupa tas, tamplak meja, alas duduk, hingga hiasan berupa bunga yang terbuat dari limbah plastic di sekitar dusn Batukarut. Terdapat dua produk sentra kriya yang diunggulkan pada pertengahan hingga akhir tahun 2017 yaitu kere jaer dan keripik buah naga yang merupakan hasil olahan dari hasil alam dusun Batukarut.
Sentra komputer merupakan sarana penyedia teknologi informasi dan komunikasi yang bertujuan agar masyarakat sekitar Rumpin Al-Barokah melek teknologi. Melalui sentra komputer mayarakat diajarkan dan dibimbing agar dapat menggunakan teknologi secara bijak. Selain itu, kegiatan belajar di Rumpin Al-Barokah juga kerap melibatkan teknologi dalam mengakses informasi ataupun ilmu yang akan dipelajari.
Sentra panggung merupakan pusat penyediaan dan pelayanan ruang untuk masyarakat sekitar Rumpin Al-Barokah dalam beraktivitas dan berkreasi. Sentra panggung juga menyediakan tempat pentas dan sarana untuk pemutaran tayangan informasi berupa digital.

Sentra pengembangan mutu adalah sarana dalam mengembangkan mutu SDM sebagai pengelola Rumpin Al-Barokah. Berbagai kegiatan telah dilakukan dalam proses pengembangan mutu SDM Rumpin Al-Barokah, salah satu yang telah dilakukan ialah pembentukan Relawan Siap Guna (RSG). RSG dibentuk dengan formasi yang diambil dari anak-anak usia SMP dan SMA yang tertarik dan bersedia untuk menjad relawan dalam mengelola Rumpin Al-Barokah. 

0 comments:

Post a Comment