twitter
rss

Selamat datang di blog Rumah Pintar Al-Barokah, blog ini akan menjadi media sinergi antar UPI, SEAMOLEC dan Rumah Pintar Al-barokah.

Rumah Pintar Al-Barokah didirikan atas prakarsa sejumlah akademisi dan praktisi pendidikan  untuk membantu terwujudnya masyarakat belajar dan terdidik di sekitar kediaman bu Een khususnya, di Kabupaten Sumedang pada umumnya. Melalui Yayasan Swandragogia sebagai lembaga yang selama ini fokus pada isu-isu pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, gagasan Rumah Pintar Al-Barokah diwujudkan. Embrio Rumah Pintar Al-Barokah berawal dari layanan pendidikan masyarakat yang dilakukan oleh Ibu Dra. Een Sukaesih–akrab dipanggil wa Een, yang memproleh penghargaan SCTV Award kategori Special Awardsbidang Pendidikan, Pengabdian Masyarakat dan Kemanusiaan.
Tidak lama setelah memperoleh penghargaan, bu Een sempat menyampaikan keinginan besarnya untuk memiliki fasilitas memadai yang dapat digunakan untuk belajar anak-anak dan masyarakat binaan di sekitarnya. Keinginan beliau kemudian difasilitasi oleh Yayasan Swandragogia untuk dihubungan dengan Solidaritas Isteri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), lembaga yang selama ini punya komitmen dengan program Indonesia pintar. Selanjutnya Yayasan Swandragogia merancang sejumlah program yang dituangkan dalam proposal Rumah Pintar, sampai akhirnya direspons secara positif dan disetujui pihak SIKIB.
Agar kualitas program lebih terjamin, Yayasan Swandragogia menggandeng Jurusan dan Laboratorium Pendidikan Luar Sekolah, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia sebagai pendamping. Sedangkan perancangan bangunan dan proses pembangunan Rumah Pintar, Yayasan bekerjasama dengan Program Studi Pendidikan Teknik Arsitektur Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan Universitas Pendidikan Indonesia.
rumah pintar 1Rumah Pintar Al-Barokah, telah mengembangkan berbagai program diantaranya adalah sentra baca, sentra panggung, sentra kriya, sentra bermain, dan sentra komputer. Pada tahap rintisan, program yang telah dijalankan diantaranya PUSKEBMAS (Pusat Kegiatan Baca Masyarakat) yang diakses oleh para pelajar, remaja, dan masyarakat lainnya. Anak usia dini pun telah difasilitasi dengan melaksanakan kegiatan mengenal warna, kegiatan bernyanyi, bercerita, dan kegiatan simulasi bermain. Anak usia sekolah dan remaja dilayani dalam kegiatan paduan suara dan tari. Di bidang IT, masyarakat usia sekolah dan remaja difasilitasi melalui kegiatan pengenalan komputer, pengenalan program dan pengenalan jaringan. Dalam skala rintisan, produksi bahan-bahan lokal, ibu-ibu rumah tangga melakukan kegiatan melalui Sentra Kriya dalam bentuk pembuatan makanan olahan dodol tomat, kegiatan pembuatan dendeng ikan, dan kegiatan pembuatan minuman sari buah naga.
Pengembangan selanjutnya, pengelola Rumah Pintar Al-Barokah dibawah dampingan Lab. PLS FIP UPI merancang Konsep Rumah Pintar Model Satelit, dimana rumah pintar diposisikan sebagai Home Base(pusat) dari berbagai kegiatan. Adapun pelaksanaan programnya dapat diselenggarakan, tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Sumedang melalui jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga yang relevan dalam kerangka membangun masyarakat belajar di Kabupaten Sumedang pada khususnya, di Jawa Barat pada umumnya.
sumber:

1 comments:

  1. dear alfan , saya kira film yang di buat herry bisa di upload juga di blogspot ini, utk melangkah lebih lanjut..terimakasih ghp

Post a Comment